Rabu, 15 Agustus 2012

10 Jenis Junk Food Yang Harus Dihindari


Apa sih Junk Food itu ? Mungkin kurang lebih makanan yang tidak mengandung gizi sama sekali atau justru tidak baik untuk kesehatan. Biasanya berupa jajanan, dan cemilan. Dan anenhnya lagi makanan ini yang justru tidak kehilangan peminatnya. WHO (Lembaga kesehatan dunia) telah menetapkan 10 jenis makanan yan bisa dimasukkan ke dalam kelompok junk food dan perlu dihindari : 

Foto : pinterest
  1. Gorengan.  Mengandung kalori, lemak/minyak, dan oksidan tinggi. Jika dikonsumsi secara teratur diperkirakan bisa menyebabkan penyakit jantung koroner, obeditas, hingga kanker.
  2. Mi Instan. Walopun praktis ternyata mi instant mengandung kadar garam tinggi yang mengandung trans lipid, memperberat beban ginjal da pembuluh darah jantung, serta menaikkan tekanan darah.
  3. Jeroan dan daging Berlemak. Mengandung lemak jenuh da kolesterol tinggi yang menyebabkan kanker.
  4. Asinan. Jumlah garam yang melebihi batas akan memperberat kerja ginjal, merusak selaput lender lambung, dan memperbesar resiko tekanan darah tinggi.
  5. Daging Olahan. Yang termasuk ke dalam golongan ini adalah baso, sosis, nugget, corned, dsb. Makanan jenis ini mengandung garam nitrit yang beresiko tinggi menimbulkan kanker, pengawet dan pewarna yang beresiko bagi hati, serta natrium yang memberatkan kerja ginjal dan tekanan darah labil
  6. Makanan yang dipanggang/dibakar. Resiko Kanker melekat di makanan jenis ini
  7. Sajian Manis Beku. Mengandung banyak gula yang mengurangi nafsu makan, dan suhu rendah yang memberi efek negative bagi usus 
  8. Manisan kering. Mengandung banyak garam nitrat yang akan bergabung dengan ammonium dalam tubuh dan menghasilkan zat karsiogenik yang aka merusak organ tubuh terutama hati. Mengakibatkan tekanan darah tinggi dan kerusakan ginjal
  9. Makanan Kaleng. Kandungan vitamin dan protein makanan dalam kaleng tentu saja sudah berkurang jika dibandingkan dengan yang alami, belum lagi ditambah pengawet dan interaksi dengan kaleng yang mengandung zat berbahaya.
  10. Olahan keju. Kadar lemak dan gula yang tinggi menyebabka pengosongan perut dan rasa terbakar
Melihat 10 deretan makanan yang harus dihindari tersebut membuat kita berpikir lalu apa yang harus saya makan karena tidak dapat dipungkiri kalo makanan-makanan tersebut ada di sekeliling kita dan kerap kita makan sebagai santapan. Jangan khawatir karena ternyata masih ada beberapa jenis Junk Food yang bisa kita konsumsi.
Cari tahu disini


Photobucket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar